LDII KALSEL


Tanah Laut, LDII Kalsel  (8/12) – Inovasi bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Hal ini pula yang dilakukan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kabupaten Tanah Laut (Tala).


Melalui inovasi pembuatan pakan kambing fermentasi berbasis tongkol jagung dan Azolla microphylla, Ir. Anton Kuswoyo berhasil meraih Hibah Talenta Inovasi Indonesia tahun 2021 dari Direktorat Sumber Daya Ditjen Diktiristek, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).


Ide pembuatan pakan kambing berbasis tongkol jagung dan azolla ini terbersit tatkala dirinya banyak menemui banyak tongkol jagung di Kabupaten Tala yang dibuang begitu saja bahkan dibakar sia-sia. Sementara peternakan kambing cukup potensial di daerahnya itu. Di sisi lain saat musim kemarau juga sulit memperoleh rumput untuk digunakan sebagai pakan kambing.


Anton yang juga beternak kambing pun memutar otak untuk memanfaatkan tongkol jagung menjadi pakan kambing untuk ternaknya. Kandungan protein tongkol jagung yang tergolong rendah perlu ditingkatkan agar pakan hasil racikannya memiliki nutrisi yang baik. Anton pun memanfaatkan azolla yang dikenal memiliki kandungan protein tinggi untuk campuran pakan kambing racikannya.


Setelah melalui serangkaian uji coba baik secara laboratorium maupun uji langsung pada kambing, ternyata pakan kambing dari tongkol jagung dan azolla ini sangat disukai kambing dan dapat meningkatkan pertambahan bobot badan harian (PBBH) kambing lebih tinggi dibandingkan jika hanya kambing diberi pakan rumput liar saja.


Atas ide kreatif dan inovatifnya inilah pada akhirnya Anton mendapat Hibah Pendanaan Talenta Inovasi Indonesia untuk pengembangan produk pakan kambing fermentasi berbasis tongkol jagung dan azolla dari Kemendikbudristek. Dari peserta sebanyak 2.358 seluruh Indonesia, hanya 940 peserta saja yang mendapat hibah tersebut.


Produk hasil racikannya pun sempat diikutkan pameran Gebyar Menara Vokasi 2021 di Duta Mall Banjarmasin.  Pada acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Direktur SMK Ditjen Diksi Kemendikbudristek, Kepala SMK se-Kalimantan Selatan, Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin, Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, dan pengunjung Duta Mall lainnya. (Aka-LDII Kalsel)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama