generus ldii
Generus LDII Jogja Raih Medali Perak di Kompetisi Sains Nasional


LDII JOGJA. Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang kini sudah berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN) kembali digelar di tahun 2021. Salah satu generus LDII Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gedongkuning, Yogyakarta, Akbar Zidane Ar Rasyid berhasil meraih medali perak pada KSN jenjang SMP bidang IPS.


Terdapat tiga jenjang dalam kompetisi ini, yaitu SD, SMP, dan SMA yang diikuti oleh seluruh pelajar Indonesia. Dalam kompetisi ini, KSN jenjang SMP dilaksanakan secara daring menggunakan teknologi sebagai medianya, yaitu smartphone atau perangkat komputer. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar peserta didik lebih bisa memanfaatkan teknologi yang sudah sangat canggih dengan sebaiknya-baiknya.

Zidane, panggilan akrab siswa kelas 9 yang membawa nama baik SMP Negeri 10 Yogyakarta ini mengikuti KSN mulai dari tingkat kabupaten, tingkat provinsi, dan berlanjut sampai ke tingkat nasional.

Baca juga : Wahai Orang Tua, Selalu Doa untuk Anak-anakmu (ldiisampit.or.id) 

KSN tahap 1 (tingkat kabupaten) dilaksanakan pada tanggal 14 September 2021. KSN tahap 2 (tingkat provinsi) dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2021. Adapun KSN tahap terakhir (tingkat nasional) dilaksanakan pada tanggal 8-9 November 2021 dan pengumumannya dilaksanakan pada tanggal 12 November 2021.


Mulanya, Zidane mengikuti KSN ini karena ditunjuk oleh gurunya. Supaya tidak mengecewakan gurunya, Zidane melakukan bebeberapa kiat sebelum kompetisi berlangsung sampai bisa berhasil meraih medali perak. Di antaranya mengikuti pelatihan dari Dinas Kota Yogyakarta selama 2 minggu, mengikuti pelatihan tambahan dari guru, dan mengulangi semua pembelajaran secara mandiri adalah beberapa upaya yang dilakukan Zidane sebelum kompetisi berlangsung.


Semua kegiatan yang dilakukan mulai dari pelatihan hingga puncak perlombaan di tingkat nasional dilaksanakan secara daring. Hal ini disebabkan karena pandemi Covid-19 yang menyebabkan peluang terselenggaranya kegiatan berskala besar secara langsung sangat kecil.


Terlebih KSN ini pesertanya berasal dari seluruh Indonesia dan bukan hanya jenjang SMP saja yang mengikutinya. Meskipun demikian, KSN tetap bisa berlangsung dengan lancar dan para pelajar tetap bisa mengukir prestasi di masa pandemi.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama