LDII Katingan Hadiri Sosialisasi Moderasi Beragama FKUB

 

LDII Katingan (7/11). Ketua DPD LDII Kabupaten Katingan La Ode Salemudin, S.Pd. menghadiri Undangan Ketua FKUB Kabupaten Katingan Edi Rahmat Sosiawan , S.E ,M.Si. dalam rangka sosialisasi  moderasi beragama Forum Komunikasi Umat Beragama tahun 2021 (7/11).

Kegiatan bertempat di aula Kantor Kementrian Agama Kabupaten Katingan dengan pemateri, Tiwi Etika, Ph.D, Prof.Dr.Hj.Hamdanah,M.Ag., Dr.HM.Yamin Muchtar, dan Pdt. Dr.Elsa Sumandie, M.Th.

Hj. Hamdanah, wakil rektor bidang akademik dan pengembangan lembaga IAIN Palangkaraya memaparkan tentang keragaman yang adalah anugerah dan kehendak Tuhan, jika Tuhan menghendaki, tentu tidak sulit membuat hamba-Nya menjadi seragam dan satu jenis saja.

" Tuhan memang maha menghendaki agar umat manusia beragam, bersuku-suku, berbangsa-bangsa dengan tujuan agar kehidupan menjadi dinamis, saling belajar,dan saling mengenal satu sama lain.  Kita harus bersyukur atas keragaman bangsa Indonesia," katanya. 

Moderasi beragama bukan untuk mencairkan atau menggerus akidah.Tiap umat meyakini agama masing-masing benar. " Dengan menghormati keyakinan orang lain, keyakinan saya terhadap agama saya tidak akan luntur," ujarnya.

Sebagai umat Islam, lanjut Hamdanah, bahwa sikap toleransi  telah di ajarkan sejak jaman Nabi Muhammad SAW dan Islam merupakan agama yang bersifat moderat, adil,dan telah mencapai kata mufakat.

Sementara  Pdt.Dr.Eliasae Sumandie,M.Th mengatakan, tantangan agama-agama masa depan, " Yaitu teknologi yang semakin maju, radikalisme beragama yang semakin pesat, hedonisme dan konsumerisme."

Dekan Fakultas Dharma Duta dan Brahma Widya IAHN-TP Palangka Raya,Tiwi Etika.Ph.D mengungkapkan,moderasi beragama bukanlah upaya memoderasikan agama, melainkan memoderasi pemahaman dan pengamalan kita dalam beragama.

" Dalam melaksanakan ajaran agama harus berguru agar tidak salah pemahaman," katanya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama