Klaten (31/10). Biro Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga (BPKK) DPD LDII Kab. Klaten menggelar webinar ‘Peran Ibu Sebagai Manajer Keluarga dalam Menyongsong Pasca Pandemi COVID-19’ , Minggu (31/10). Dibuka oleh Bupati Kabupaten Klaten Sri Mulyani secara virtual. 

Dalam sambutannya, Sri mengatakan di masa pandemi peran ibu menjadi kian penting dan luar biasa, “Selain menjadi seorang istri dan ibu, juga menjadi guru untuk anak-anaknya karena proses belajar mengajar dilakukan dari rumah,” ujarnya.

Apresiasi dan ucapan terimakasih disampaikan Sri Mulyani keseriusan LDII dalam pemberdayaan perempuan dan sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Klaten, serta atas terselenggaranya webinar ini. 

Sementara itu Ketua DPD LDII Klaten Drs. Sarjono M.Tp dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian LDII dalam bidang pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan keluarga.

“Saat ini Kabupaten Klaten berstatus PPKM Level 2 dan PTM sudah mulai dilaksanakan, maka adanya webinar ini bertujuan agar para orang tua mengerti bagaimana menjaga kesehatan anak saat PTM dan bagaimana kesiapan orang tua serta anak dalam mengahdapi PTM,” jelas Sarjono.

Dr. Siti Nurannisaa P.B., S.Sn., M.Pd selaku narasumber webinar yang juga Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga DPP LDII menyampaikan bahwa keluarga menjadi garda terdepan mempersiapkan proses PTM. 

“Keluarga memiliki peran penting dalam mempersiapkan PTM pada anak karena pengasuhan anak dimulai dari keluarga,” ujar Siti Nurannisaa. Para orang tua supaya membangun rasa aman, bukan rasa cemas, “Jangan sampai anak berangkat sekolah dengan penuh kecemasan,” ujarnya.

Diakhir pemaparan materinya Siti Nurannisaa membagikan tips untuk para orang tua dalam persiapan PTM anak, “Yang harus dilakukan orang tua dalam menghadapi PTM adalah ASIK MAR, yaitu Adaptasi, Sosialisasi, Interaksi, Komunikasi, Mandiri, Apresiasi dan Relasi,” terangnya.

Webinar juga diisi narasumber dr. Arlita Putri, Sp.A dokter spesialis anak yang juga Kepala Unit Neonatologi (NICU) RS Taman Husada Bontang, dr. Arlita mengatakan bahwa pandemi belum berakhir, para orang tua supaya tetap menjaga kesehatan anak dengan makanan sehat, tidur yang cukup dan lingkungan yang sehat.

Kegiatan dilaksanakan secara luring dan daring berpusat di studio utama DPD LDII Klaten, diikuti 204 PAC se Kabupaten Klaten. Acara dibuka oleh Bupati Klaten Sri Mulyani S.M dan Ketua DPD LDII Klaten Drs. Sarjono M.Tp.

Selain dihadiri Bupati Klaten dan Ketua DPD LDII Klaten, hadir juga Ketua DPP LDII KH. Chriswanto Santoso M.Sc, Ketua DPW LDII Jawa Tengah Prof. Dr. Singgih Tri Sulistiyono M.Hum beserta Sekretasis Eko Sutanto dan jajaran Pengurus DPD LDII Kab. Klaten.   (olive/lines)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama