Program Vaksinasi Massal LDII, Antisipasi Gelombang Ketiga Pandemi

ldii vaksin

 
LDII SAMPIT (29/10)Sebagaimana dilansir dari https://covid19.go.id/ dilaporkan per tanggal tanggal 28/10 penambahan kasus positif 723, sembuh 984, meninggal 34. Angka-angka ini sangat jauh menurun dibanding bulan Juli - Agustus 2021 pandemi gelombang kedua. Usaha pemerintah bersama rakyat Indonesia melalui PPKM tingkat keberhasilan tinggi. Meski demikian, para ahli mengingatkan untuk mewaspadai gelombang ketiga pandemi.

“Kemungkinan adanya gelombang Covid-19 berikutnya adalah sebuah keniscayaan. Tinggal pertanyaanya itu kapan terjadi dan seberapa tinggi ini sangat tergantung dengan situasi yang berkembang di masyarakat,” ujar Riris Andono pakar epidemilogi UGM seperti yang dikutip dari laman UGM, Minggu, 24 Oktober 2021.

Riris menjelaskan bahwa munculnya gelombang ketiga Covid-19 atau gelombang-gelombang setelahnya sangat bergantung pada kondisi di masyarakat.

Kepatuhan menjalani protokol kesehatan 3M yang terdiri dari menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker di masyarakat merupakan situasi yang akan mempengaruhi gelombang ketiga Covid-19 nantinya. Selain itu, mobilitas sosial juga turut mempengaruhi hal ini.

Selanjutnya ia mengingatkan bahwa virus Covid-19 masih terus ada dan tidak sedikit orang yang tidak memiliki kekebalan karena tidak bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Sementara orang yang sudah mendapatkan vaksin pun kekebalannya dapat menurun seiring berjalannya waktu.

Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan ancaman gelombang ketiga pandemi menjelang libur Natal dan Tahun Baru, hal disampaikan saat memberikan pengarahan kepada para kepala daerah se - Indonesia Selasa (26/10).

"Saya minta betul-betul agar dikelola, diatur, sehingga Natal dan tahun baru ini berjalan dengan tidak ada kerumunan," tegas Jokowi.

Jokowi memandang, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memiliki peranan yang sangat penting dalam menyosialisasikan hal tersebut. Terutama, untuk mengantisipasi kemungkinan gelombang ketiga yang tidak diharapkan.

"Kita harapkan Natal dan tahun baru bisa kita kelola dengan baik, karena hampir semua epidemiolog takut bahwa yang memicu gelombang ketiga nanti ada di Natal dan tahun baru," jelasnya

"Saya harapkan semuanya dirancang, direncanakan secara detail sesuai dengan kondisi masyarakat setempat, menghargai norma-norma yang ada. Tetapi sekali lagi, tetap sesuai dengan protokol kesehatan dengan gas dan rem yang dinamis, selalu waspada, siap siaga, cepat bertindak, itu yang terus harus kita jaga," tegasnya.


LDII MENDUKUNG UPAYA PERCEPATAN PROGRAM VAKSINASI 

LDII di berbagai tingkatan, terus membantu pemerintah menekan angka Covid-19, terutama di sekitar pesantren yang bernaung di bawah LDII, “Kami memiliki setidaknya 200-an lebih pondok pesantren. Di pesantren ini merupakan tempat berkumpulnya ratusan hingga puluhan ribu santri. Belum lagi warga di sekitar, yang menciptakan perputaran ekonomi yang unik,” ujar Ketua Umum DPP LDII, KH. Chriswanto Santoso saat mengunjungi kegiatan vaksinasi massal di Aula Ponpes Sabilurrosyidin Annur, Gayungan, Surabaya, Sabtu (21/8)

Berikut beberapa kegiatan kerjasama LDII dengan berbagai pihak terkait dalam program vaksinasi massal.


Vaksinasi Massal LDII Jakarta di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin sejak 14 Juni 2021. 

ldii vaksin

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beserta Kapolri Jendel Pol. Listyo Sigit Prabowo turut hadir berkunjung. " Terima kasih kepada panitia atas pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal ini," kata Sigit.

Kapolri menargetkan vaksinasi massal tersebut 1.000 orang per hari.


Vaksinasi massal LDII Jawa Timur di Aula Ponpes Sabilurrosyidin Annur, Gayungan, Surabaya

ldii vaksin

Dukungan terhadap LDII, yang mengadakan vaksinasi massal berbasis pesantren didukung banyak pihak, di antaranya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Saat mengunjungi kegiatan vaksinasi massal di Aula Ponpes Sabilurrosyidin Annur, Gayungan, Surabaya, Sabtu (21/8), ia mengatakan LDII jadi pionir vaksinasi berbasi pesantren. 

“Vaksinasi massal yang berbasis pesantren, seperti yang dilakukan LDII ini kategorinya assabiqunal awwalun,” kata Khofifah. Artinya, LDII menjadi pelopor kegiatan vaksinasi yang fokus pada masyarakat di pesantren dan sekitarnya. Perlu diketahui, pesantren-pesantren di Jawa Timur, menurut Khofifah memberi sumbangan perekonomian yang besar bagi warga di sekitarnya.


Vaksinasi Massal LDII Jawa Barat di Kantor Sekretariat LDII Kota Bandung, Jl. Bijaksana II No. 10, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung


ldii vaksin


Ketua DPW LDII Jabar Dicky Harun mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di ponpes-ponpes binaan LDII itu sesuai dengan instruksi pengurus pusat. Tujuannya untuk melancarkan program pemerintah agar tercipta herd immunity di kalangan ponpes, sehingga ponpes bisa melaksanakan pelajaran secara tatap muka.

"Vaksinasi di ponpes-ponpes ini, tujuan utamanya sebagai kontribusi LDII untuk bangsa. Selain itu, manfaatnya juga berguna bagi lingkungan ponpes itu sendiri dan masyarakat sekitarnya. Sehingga bisa saling bahu membahu membuat herd immunity di lingkungannya," ujarnya


Vaksinasi Massal LDII Kecamatan Mojoroto

ldii vaksin


Ketua PC LDII Kecamatan Mojoroto Budianto mengatakan, program vaksinasi ini merupakan arahan dari DPP LDII guna membantu pemerintah menyukseskan vaksinasi massal satu juta per hari.

“Antusias warga LDII dan masyarakat sekitar Ponpes Bandar luar biasa, diikuti 250 orang dan beberapa warga yang sudah datang, bahkan ada yang tidak kebagian jatah vaksin,” jelas Budi.


Vaksinasi Ponpes LDII Gadingmangu Jombang

ldii vaksin


Ketua YPBU Gadingmangu, Ir.H. Wildy Istimror berharap kegiatan vaksinasi covid 19 dapat menciptakan lingkungan yang sehat serta tercapai herd immunity di lingkungan Pondok Pesantren. Tak lupa ucapan terima kasih kepada Kapolres Jombang dan TNI yang sudah memfasilitasi kegiatan vaksinasi covid 19 untuk santri Ponpes Gadingmangu.


Vaksinasi Massal LDII Sukoharjo

ldii vaksin


Polres Sukoharjo menyelenggarakan serbuan vaksinasi virus Covid-19 di Pondok Pesantren (Ponpes) Barokah di Dukuh Nandan, Desa Sidorejo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, dengan sasaran 1.500 masyarakat, Jumat (24/09/2021). Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai upaya percepatan vaksinasi kepada masyarakat untuk menurunkan status level.


Vaksinasi Massal LDII Lampung

ldii vaksin


Vaksinasi dosis kedua yang diselenggarakan atas kerjasama Yayasan Nurul Huda Lampung dan Polda Lampung pada Jumat (29/10) merupakan lanjutan dari penyelenggaraan vaksinasi pertama yang sebelumnya diadakan di Graha Wangsa, Teluk Betung, pada 28/9.

Vaksinasi dosis kedua ini, menurut dr. Trio menargetkan 1000 dosis pada siswa/i SMP, SMA, SMK Tri Sukses, dan santri Pondok Pesantren Nurul Huda Lampung.


Vaksinasi Massal LDII Kalimantan Barat

ldii vaksin


"Alhamdulillah kami bersyukur, berkat kerja sama semua pihak kami mendapat prioritas sehingga vaksin kedua berhasil dilaksanakan. Padahal pekan lalu sempat terjadi kekosongan stok vaksin," ujar Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto, Kamis (5/8). Kesuksesan program kerja sama vaksinasi ini bertujuan membantu pemerintah mempercepat terbentuknya kekebalan komunal (herd immunity).


Vaksinasi Massal LDII Balikpapan

ldii vaksin


Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak memuji pelaksanaan vaksinasi yang digelar di Poldok Pesantren (Ponpes) Bairuha, Gunung Sari Ulu, Balikpapan, Kamis (22/07/2021).

Vaksinasi massal tersebut, kerjasama Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Balikpapan dengan Polda Kaltim. Sebanyak 1.500 dosis vaksin yang disapiakan bagi santri maupun warga sekitar.


Vaksinasi Massal LDII Lamongan

ldii vaksin


LDII Lamongan bersama pemerintah daerah dan BIN Jawa Timur menggelar Bhakti untuk Negeri 1000 dosis vaksin di Yayasan Al Karim PC LDII Kecamatan Sugio.

Ketua Panitia, Suyanto mengatakan, program vaksinasi 1.000 dosis ini dibagi menjadi tiga gelombang yaitu gelombang 1 pagi hari, gelombang 2 siang hari, dan gelombang 3 sore hari.

“Alhamdulillah kali ini kami diberi kepercayaan untuk melaksanakan vaksinasi 1.000 dosis, " katanya.


Vaksinasi Massal LDII Cilegon

ldii vaksin


Sebanyak 500 warga di Kota Cilegon mengikuti vaksinasi yang di selenggarakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Cilegon dengan Polres Cilegon di halaman Kantor Sekretariat DPD LDII Kota Cilegon, Senin (13/9).

Hadir dalam acara tersebut, Walikota Cilegon Helldy Agustian, Kapolsek Cilegon KP Karep Waluyo, Camat Cilegon Idad Zaldad, beserta seluruh lurah dari Kecamatan Cilegon.


Vaksinasi Massal LDII Palembang


ldii vaksin


DPD LDII Kota Palembang bekerja sama dengan Pemda menggelar kegiatan vaksinasi massal bertempat di Puskesmas Kenten. 250 warga mengikuti vaksinasi tersebut.

Turut hadir Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, yang memberikan apresiasi program tersebut.


Vaksinasi Massal LDII Oku Timur


ldii vaksin


Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwa Islam Indonesia (LDII) Kabupaten OKU Timur menggelar vaksinasi massal bagi penggurus, santri pondok pesantren Nurul Huda Tugu Harum, dan masyarakat sekitar ponpes itu, Selasa (26/10).

Acara yang berlangsung berkat kerjasama DPD LDII OKU Timur dan Polres OKU Timur ini berjalan lancar dengan protocol kesehatan 3 M; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.


Vaksinasi Massal LDII Jambi

ldii vaksin


Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Jambi menggelar vaksinasi dosis kedua di Pondok Pesantren Tawakkal Kelurahan Wijaya Pura, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, Rabu (29/09) lalu. Gelaran vaksinasi dosis kedua ini ditujukan kepada masyarakat yang telah menerima vaksin dosis pertama yang diselenggarakan oleh DPD LDII Kota Jambi pada tanggal 01 September lalu.

Ketua DPD LDII Kota Jambi H. Sukarno, S. IP mengatakan, pelaksanaan vaksinasi LDII dosis kedua dilakukan untuk mengurangi penularan/transmisi Covid-19, menurunkan angka kematian yang diakibatkan oleh Covid-19 dan mencapai herd immunity (kekebalan kelompok).

“Vaksinasi dosis kedua ini sudah menjadi agenda LDII sejak beberapa bulan yang lalu, vaksinasi dosis pertama kami gelar pada Rabu (1/9) kemarin, ini semua untuk mencegah transmisi Covid-19, mengurangi angka kematian dan mencapai herd immunity,” jelasnya.

0 Komentar