Dapur Umum LDII


TANGERANG - LDII . Hujan ekstrim disertai angin kencang melanda Karawang selama dua hari, yakni 6-7 Februari 2021, menyebabkan terjadinya banjir di beberapa titik. Sebagian rumah tergenang dengan ketinggian air yang cukup dalam. Ketinggian banjir ini bervariasi, setinggi lutut hingga dada orang dewasa.


Sedikitnya 700 unit rumah yang berada di Perumahaan Bumi Mutiara Indah (BMI) 1 dan 2 Kecamatan Cikampek, serta Perumahan Regensi Purwasari,  Kecamatan Purwasari terendam banjir.  Air banjir yang masuk ke rumah warga ini menyebabkan sebagian warga diungsikan ke tempat yang lebih aman.


Selain di wilayah Dawuan, masih ada lokasi lokasi lain di wilayah Karawang yang terdampak  banjir, yakni sebagian wilayah Kecamatan Teluk Jambe Timur, Teluk Jambe Barat dan Cilamaya

 

DPD LDII Kabupaten Karawang terjun langsung ke lokasi untuk membantu evakuasi warga dari rumah mereka, diungsikan ke tempat pengungsian. Selain itu, LDII juga turut mendirikan dapur umum untuk membantu warga di tempat pengungsian


Ketua DPD LDII Kabupaten Karawang H. Asep Rachmat SH MH mengatakan, LDII membuat tempat pengungsian di Masjid Al Hidayah Dawuan Cikampek dan Gedung Serba Guna (GSG) yang ada di depannya. Para pengungsi pria ditempatkan di masjid, sementara pengungsi wanita ditempatkan di GSG. Sementara dapur umum didirikan di luar masjid.


“Kami menyuplai makanan paket nasi bungkus untuk para pengungsi dan warga sekitarnya. Kami saat ini juga mendata barang yang dibutuhkan mendesak saat ini bagi para korban. Kebutuhan mereka selain bahan makanan adalah  selimut, popok bayi dan dewasa, obat-obatan, termasuk sarung untuk keperluan shalat,” ujar Asep.


Sebagai tindak lanjutnya, sejak Senin (8/2/2021), Wakil Ketua DPD LDII Kab. Karawang, Dedi Surnadi ST, mengajak semua warga LDII Kabupaten Karawang untuk mengumpulkan  bantuan dan sodakohnya kepada pengurus LDII setempat. Selanjutnya bantuan ini diberikan di Posko Bantuan LDII di kantor Sekretariat LDII Gedung Green House, Jalan Wadas Telukjambe Timur.


“Kami juga membuka pendaftaran bagi para sukarelawan warga LDII yang siap diterjunkan untuk membantu penyaluran bantuan kepada korban terdampak. Kami butuh tenaga sukarelawan ini secepatnya, agar segera membantu para korban terdampak,” ujar Dedi.


Sementara itu, Pimpinan Cabang LDII Kecamatan Tirtamulya dan Kecamatan Cikampek bersama  Pimpinan Anak Cabang Desa Dawuan dan Desa Karangsinom melaksanakan kegiatan sosial berupa penyaluran bantuan bahan pangan dan membangun dapur umum di Masjid Al Hidayah, Babakan Bogor Dawuan, Cikampek, Senin (8/2/2021).


Ketua PC LDII Tirtamulya, Iswahyudi SH MP mengatakan, pihaknya menyalurkan lebih dari 70 paket nasi per hari untuk  keluarga korban banjir dari fasilitas dapur umum ini. “Kami berusaha memberikan bantuan semaksimal mungkin kepada para warga yang terdampak. Mudah-mudahan bisa meringankan beban mereka,” pungkasnya. (fadel)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama