TURUT BERDUKA CITA ATAS MUSIBAH BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN

Ngaji Akhir Tahun LDII Jakarta Selatan

Ngaji Akhir Tahun LDII Jakarta Selatan

JAKARTA SELATAN - Sudah menjadi semacam tradisi atau rutinitas jika menjelang tutup tahun atau malam pergantian tahun remaja LDII seantero nusantara mewarnainya dengan kegiatan pengajian.


Bukan untuk merayakan pergantian tahun namun justru untuk menghindari kegiatan yang sifatnya hura hura yang memang jamak dilakukan kebanyakan anak muda.


Namun untuk akhir 2020 ini kegiatan pengajian yang biasanya digelar secara tatap muka, berubah menjadi kegiatan pengajian secara virtual atau online.


Tujuannya untuk menghindar dan mencegah dari penyebaran covid-19 yang memang masih menjadi pandemik.


Demikian yang berlangsung di sejumlah majelis taklim dibawah kepengurusan DPD, PC hingga PAC LDII Jakarta Selatan yang menggelar pengajian virtual akbar diikuti ribuan remaja se-Jakarta Selatan.


Sebut saja di PC LDII Gandaria Selatan, menggelar event ngaji online via zoom bertajuk ‘ Start Up’ singkatan dari Semantuk Akhir Tahun Uber Pahala.

Acara utama berlangsung secara live di masjid Baitul Makmur Gandul, sedangkan pesertanya yaitu remaja dari usia 13 tahun hingga belum menikah mengikuti dari masjid di wilayah PAC masing-masing dengan jumlah terbatas yaitu di PAC Gandul Selatan, PAC Gandul Utara, PAC Ciganjur, PAC Cipedak, PAC Cinere.


Adapun peserta lainnya ikut secara online di rumah saja. Acara di mulai dari maghrib hingga menjelang pergantian tahun.


“Acara ini bertujuan untuk menjaga dan mencegah generus LDII khususnya di wilayah Cinere ini agar tidak mengikuti acara-acara tahun baru yang kurang atau tidak bermanfaat, kita mengisinya dengan acara yang bermanfaat yaitu pengajian dan keakraban sesama generus atau remaja,” ungkap Rahman Thoyyib selaku pembina di Dewan Penasehat PC LDII Cinere.


Adapun materi di acara Start Up ini adalah Alquran dan Alhadist mengangkat topik atau bab “Kerusakan Akhir Zaman” disampaikan oleh Ustadz Sholehudin, dilanjutkan dengan acara keakraban yang diadakan secara lingkup kecil dengan tujuan menghindari kerumunan dan tetap menerapkan protokol secara ketat dan maksimal.


Pengajian juga diisi dengan kegiatan kreatif seperti kompetisi video dari para muda mudi LDII serta keakraban.


Video bertemakan sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain.


Tema video kompetisi ini menjadi menarik karena pada kesempatan yang sama di kegiatan malam pergantian tahun tersebut, sesepuh sekaligus Ulama dan Dewan Penasehat di DPD LDII Jakarta Selatan, Aceng Karimullah secara khusus menyampaikan dalam tausyiahnya bahwa ada 2 ibadah yaitu ibadah ritual dan ibadah sosial, kedua ibadah ini sama-sama bermanfaat.


Ibadah ritual seperti ibadah sholat dan haji. Adapun ibadah sosial contohnya lebih kepada kita sebagai manusia yang bisa bermanfaat kepada manusia lain seperti sodakoh, membantu sesama hingga mengajak kebaikan dan menghindari kemungkaran. “Dan jika menemukan kedua ibadah ini secara bersamaan maka yang diutamakan adalah ibadah sosial, ” terang beliau.


Secara umum kegiatan ngaji akbar online Alhamdulillah sukses digelar di beberapa PC PAC lain yang ada di wilayah LDII kota Jakarta Selatan.


Pengajian digelar secara intens dari pukul 20.00 – 22.00 WIB yang dihadiri hampir sekitar 1000 peserta remaja yang sebagian besar mengikutinya secara virtual, mengisi kegiatan tutup tahun 2020 ini secara positif walaupun tetap di rumah saja (yusuf/kim)

Post a Comment