konmari

Yogyakarta – Dalam mempersiapkan diri sebelum memasuki jenjang pernikahan, wanita perlu memiliki berbagai keterampilan salah satunya yaitu keterampilan menata ruang. Bidang Keputrian Yayasan Al Karima pada hari Minggu, 20 Desember 2020 telah mengadakan Webinar “Menata Ruang dengan Teknik Konmari” dengan pemateri Atina Catur Fauziati, S.Pd.I.


Kegiatan ini diikuti oleh seluruh remaja putri LDII usia 16 tahun ke atas yang berjumlah 325 orang. Dalam pandemi wabah corona (Covid-19) yang masih melanda, maka kegiatan ini dilaksanakan melalui daring (zoom meeting) yang diakses melalui 30 titik lokasi di daerah Yogyakarta yang dipandu oleh studio pusat bertempat di Masjid Baitussalam, Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.


Kegiatan diawali dengan nasihat pembuka yang disampaikan oleh Rismiyati, S.Pd., selaku Pengurus Bidang Keputrian Yayasan Al Karima. Dalam nasihatnya, Rismiyati mengatakan, “Remaja putri supaya sama-sama menjaga dan mematuhi protokol kesehatan, jangan sampai abai dan meremehkan covid, karena covid itu benar-benar ada dan nyata,” katanya.


“Remaja putri supaya mendukung program pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Di antaranya dengan melaksanakan 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan/menggunakan handsanitizer, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” imbuhnya.


Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi utama oleh Atina Catur Fauziati, S.Pd.I. Ia mengatakan, “Konmari merupakan metode yang di kembangkan Marie Kondo dalam membereskan rumah yang berantakan agar terjaga kerapihan selamanya,” katanya.


Metode ini dianggap sebagai pendekatan baru dalam berbenah total di rumah dengan acuan menyimpan barang yang memancarkan kegembiraan. “Tidak sekedar berbenah, namun ada efek psikis yang akan memberikan perubahan positif bagi individu yang menerapkannya,” ujarnya.


Setelah materi utama selesai disampaikan, dilanjutkan dengan praktik melipat baju menggunakan teknik konmari yang sebelumnya sudah dicontohkan oleh pemateri, kemudian ditirukan oleh seluruh remaja putri yang mengikuti kegiatan ini.  Kegiatan Webinar “Menata Ruang dengan Teknik Konmari” berjalan dengan baik dan lancar.


Rismiyati berpesan agar remaja putri dapat terampil dalam merapikan rumah, memiliki pilihan dalam menata ruang dengan berbagai teknik salah satunya yaitu teknik konmari, serta dapat termotivasi agar menjadi wanita mandiri dan menyukai kerapian rumah.

https://jogjakeren.com/remaja-putri-ldii-dibekali-teknik-menata-ruang-konmari/

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama