Soliditas Ormas Islam Dalam Menyikapi Kondisi Aktual Kebangsaan Menuju Indonesia Maju



Semarang (17/10). Pj. Ketua Umum DPP LDII Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc. mengatakan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua DPP LDII Dr. Ir. H. Iskandar, bahwa bangsa Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan global dan regional, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Hal ini dikatakan saat membuka webinar nasional DPW LDII Jawa Tengah dengan tema “Mengotimalkan Soliditas Ormas Islam dalam Menyikapi Kondisi Aktual Kebangsaan Menuju Indonesia Maju”.

Acara tersebut diikuti 35 DPD LDII kabupaten/kota yang tersebar pada 75 studio mini. Sementara studio utama berada di kantor DPW LDII Jawa Tengah. Total peserta dalam kegiatan ini mencapai 767 orang peserta.

Chriswanto mengatakan dari sudut pandang geopilitik, keberlangsungan hidup dan eksistensi suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh kemampuan bangsa dalam memahami sejarah, budaya, kondisi geografi, serta lingkungan sekitarnya.

“Tumbuh kembangnya suatu bangsa, dipengaruhi pandangan geopolitik yang diyakini oleh entitas suatu bangsa. Termasuk dalam entitas itu adalah ormas Islam itu sendiri,” katanya.

Menurut Chriswanto, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, menjadi perlintasan kepentingan berbagai negara. Ia berpendapat, ormas Islam sebagai salah satu komponen bangsa perlu memahami bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta informasi dan komunikasi.

“Bidang-bidang tersebut telah berimplikasi terhadap semakin berkembangnya peperangan modern dalam bentuk asymmetric warfare dan proxy war,” jelasnya.

Selain itu, masalah lain terus bermunculan, antara lain perubahan iklim, food security atau masalah keamanan pangan dan ketahanan pangan, kemudian energy security atau ketahanan energi, terorisme, human security, termasuk juga tentang pelanggaran HAM, kejahatan lintas negara, drug trafficking atau peredaran narkoba, maritime security atau keamanan di laut termasuk juga kejahatan siber, konflik dikawasan dan lain-lain.

Melihat sifat dan kompleksitas dampak yang ditimbulkan, negara tidak lagi menjadi satu-satunya elemen yang bertanggungjawab.

“Partisipasi dan peran aktif individu warga negara maupun ormas, dalam hal ini ormas Islam akan menentukan keberhasilan suatu bangsa dalam mengantisipasi dampak negatif,“ ujarnya.

Dampak tersebut berpotensi pula mengancam eksistensi bangsa dan negara, sekaligus dalam mewujudkan keberhasilan menuju Indonesia maju.

Selain menampilkan Ketua DPW LDII Jawa Tengah, Prof Dr Singgih Tri Sulistiyono sebagai pembicara, webinar tersebut juga menampilkan Dr KH Ahmad Darodji, M.Si Ketua MUI Jawa Tengah, Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, dan Kepala Balai Litbang Agama Semarang.

إرسال تعليق

أحدث أقدم