الْمُؤْمِنُ الْقَوِيُّ، خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيفِ ... الحديث (رواه مسلم)   

Orang Iman yang Kuat itu lebih dicintai di sisi Alloh dari pada orang Iman yang lemah. (HR. Bukhori)


PB Persinas ASAD 

Beberapa Manfaat apabila rutin olah tubuh Pencak Silat ASAD :

a.        Baik Bagi Tubuh – Pencak silat ASAD sebagai suatu seni bela diri bermanfaat dalam peningkatan stamina, otot, fleksibelitas, keseimbangan tubuh, hingga kekuatan tubuh.

b.        Peningkatan Massa Otot – Pencak silat ASAD juga dapat menambah massa otot, karena biasanya seluruh olahraga seni bela diri memerlukan latihan yang keras dan menggunakan kekuatan otot dan tubuh yang tinggi.

c.         Penurunan Berat Badan – Seperti hal nya dengan peningkatan massa otot yang dapat mengurangi kalori, pencak silat ASAD dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

d.        Peningkatan Kesehatan Jantung – Seni bela diri ASAD dipercaya mampu meningkatkan sistem kardiovaskular dalam tubuh karena gerakan atau kegiatannya dapat menekankan jantung, termasuk juga seni bela diri pencak silat ASAD.

e.        Membantu Gaya Hidup Sehat – Selain yang berhubungan dengan kesehatan dalam tubuh, pencak silat juga bermanfaat dalam membantu pembentukan gaya hidup sehat, pola makan, istirahat, dll.

f.          Peningkatan Percaya Diri – Manfaat pencak silat ASAD juga dapat dilihat dari kepercayaan diri yang meningkat bagi para peserta nya.

g.        Peningkatan Refleks Tubuh – Pencak silat ASAD juga ternyata dapat meningkatkan refleks tubuh atau meningkatkan reaksi tubuh terhadap berbagai macam hal lebih cepat.

h.        Peningkatan fokus – Dalam melakukan olahraga pencak silat memang dibutuhkan fokus dan ketenangan yang tinggi, oleh sebab itu pencak silat ASAD bermanfaat dalam peningkatan fokus bagi seseorang.

i.          Peningkatan Moral dan Nilai – Manfaat pencak silat ASAD yang terakhir secara umum adalah sebagai suatu sarana dalam peningkatan moral dan nilai dalam diri seseorang.




Beberapa hal yang perlu diperhatikan ber PENCAK SILAT saat pandemic :


1.         Pastikan Kebersihan Diri

§  Jaga Kebersihan Diri - Pastikan tubuh dalam keadaan bersih untuk menghindari perpindahan virus. Selain itu, Anda juga perlu memastikan tubuh dalam keadaan prima untuk Latihan ASAD. Perlu diingat, latihan tidak harus sampai banjir keringat.

§  Tidak memaksakan diri - Lakukan Latihan ASAD yang tepat dan benar untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Jangan paksakan diri untuk langsung melakukan latihan fisik berat, apalagi jika tubuh sudah lama tidak melakukan latihan.

2.         Jaga Kebersihan Lingkungan Tempat Latihan

§  Jaga kebersihan tempat - Membersihkan lingkungan sekitar tempat latihan (rumah/padepokan) sebelum melakukan latihan. Selain itu bersihkan juga peralatan Latihan (matras, body protector dll) yang akan digunakan.

§  Jadwal rutin kebersihan - Membersihkan lingkungan tempat latihan sebelum dan sesudah berolahraga. Membuat jadwal rutin untuk membersihkan peralatan latihan agar lebih terawat.

3.         Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

§  Pemanasan sebelum latihan - Dengan melakukan pemanasan sebelum latihan akan mampu meregangkan otot-otot tubuh. Dengan begitu, tubuh akan lebih siap untuk melakukan gerakan ASAD yang lebih aktif selanjutnya.

§  Pendinginan setelah latihan - Melakukan peregangan tubuh ketika di sesi akhir latihan. Gerakan-gerakan peregangan otot saat pendinginan ini bisa membuat tubuh kembali rileks setelah latihan dan otot bisa sedikit demi sedikit kembali tenang sebelum akhirnya berhenti.

4.         Tetap Menjaga Jarak

§  Jaga jarak aman - Sebaiknya hindari jarak yang terlalu berdekatan dengan orang lain. Karena kita tidak tahu bagaimana kondisi tubuh orang lain ketika sedang melakukan latihan ASAD bersama.

§  Saling menjaga diri - Virus yang memiliki ukuran begitu kecil akan sulit untuk dideteksi mata ketika berada dalam tubuh seseorang. Dan pastikan kondisi tubuh juga dalam keadaan sehat untuk melakukan latihan agar tidak membahayakan untuk orang lain.

5.         Perhatikan Intensitas dan Durasi

§  Jangan over training - Dalam melakukan aktivitas latihan sebaiknya tidak boleh berlebihan. Karena hal tersebut dapat menyebabkan over training yang bisa berdampak pada gangguan kesehatan.

§  Durasi Latihan yang cukup - Disarankan latihan fisik dilakukan dalam 3-5 kali dalam seminggu. Durasi selama latihan juga cukup dilakukan dalam 30-35 menit.

6.         Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Pastikan cairan tubuh selalu dalam keadaan cukup. Karena latihan akan membakar kalori dan membuat tubuh kehilangan cairan.


Semoga Alloh paring manfaat dan barokah !