Pandemic COVID-19 belum berakhir, dan seperti yang kita saksikan, dampaknya merenggut di hampir semua lini kehidupan, Tak terkecuali aktivitas KBM ( Kegiatan Belajar Mengajar ) para siswa di sekolah. Meski demikian toh aktifitas pendidikan dan pengajaran tetap harus berjalan, apalagi PENGAJIAN !   Kemudian Komunikasi Online via internet menjadi pilihan banyak orang untuk melanjutkan keberlangsungan kegiatan berperikehidupan. 

Nach dikesempatan kali ini, LDII Sampit akan berbagi cara memanfaatkan alat 'muzhid mujhid' untuk dijadikan media penghantar aplikasi komunikasi online kita. Oh ya, walaupun sebenarnya tips ini mungkin sudah kadaluarsa, karena sudah banyak tutorial lainnya di internet, namun tak ada salahnya bila mimin paksain tetap berbagi, eh siapa tahu ada yang belum sempat browsing eyang google untuk mendapatkan tips ini.

Siapin perkakasnyas sebagai berikut :
- STB bekas, nggantiin ke Om Teknisi ****home 50 ribu. Usahakan STB dengan type HG680P. RAM nya udah 2 GB dengan internal storage 8 GB. Keren pokoknya.
- Kabel USB Male to Male. Klo beli 20 ribuan
- Mouse. Pakai kabel ada yang harga 15 ribuan

Untuk tahap awal cukup itu aja sich. Nach ya kan, muzhid mujhid banget nggak ?



  
Sebelum ke tahapan nge ROOT STB silakan sedulur download dulu file - file berikut :
- USB Burning Tool, mimin download disini kemudian install di Laptop
- Firmware, download disini

Selanjutnya buka aplikas USB Burning Tool 

Kemudian import file Firmware yang telah sedulur download tadi.

Ingat ini penting hilangkan tanda centang ERASE BOOTLOADER kemudian klik START.

Selanjutnya colokkan kabel USB ke Laptop.

Berikutnya untuk mengkoneksikan STB agar terbaca oleh USB Burning Tool adalah dengan menekan tombol ON dan menancapkan USB ke port no 2 STB secara bersamaan. ( Proses ini terkadang gagal, ulang saja sampai berhasil terbaca )
Bila proses baca berhasil, secara otomatis UBT akan mendownload firmware ke STB.


Tunggu hingga 100% dan SELESAI 

Alhamdulillah !

Cabut USB lalu pasangkan STB ke TV sedulur via kabel HDMI. Hidupkan power dan tunggu hingga masuk ke menu. ( untuk awal booting biasanya sedikit agak lama, sabar aja. ishbiru wa shobiru ! )

Dan STB sedulur udah terinstal sistem ANDROID. Hubungkan ke WIFI bila ingin menginstall aplikasi tambahan lainnya menggunakan APK Pure.

Misalnya, ZOOM video conference atau SDC audio conference untuk dipergunakan NGAJI ONLINE di PAC sedulur atau NGAJI ONLINE Himpunan HADIST dari Pondok Wali Barokah.









Insya' Alloh mudah kan ?  Jangan patah semangat ! Man jadda wajada - bila awal belum berhasil tinggal diulang lagi, sayaj'alullohu ba'da usri 'yusron. Setelah kesulitan pasti ada kemudahan.

Oh iya, walaupun sebenarnya tanpa di ROOT pun aplikasi tersebut bisa berjalan di STB asli. Namun bila sedulur pengen ke TAHAP berikutnya, menginstall STB dengan sistem LINUX sehingga STB menjadi bener - bener layakya sebuah komputer, maka ROOT STB adalah WAJIB.

Insya' Alloh di kesempatan lain akan dishare panduannya. 
Berikut screenshot STB dengan sistem linux terinstall. Aplikasi nya dah lengkap, terutama untuk komputasi office, semisal word atau excel. Nantinya STB akan menjadi dual system, ANDROID dan LINUX. Pokoknya MUZHID MUJHID banget. 


Semoga Alloh paring manfaat dan barokah