Pagi itu terasa berbeda, seperti ada semangat berlebih untuk melangkahkan kaki memenuhi panggilan shalat subuh berjama'ah di masjid. Dari kejauhan bergema alunan 'takbiran' yang berkumandang melalui corong speaker di puncak atap masjid.

Allohu akbar ! Allohu Akbar ! Allohu Akbar ! Laa ilaaha illalloh Allohu Akbar ! Allohu Akbar ! Walillahilhamdu !

Dan hal ini rupanya dirasakan juga oleh saudara - saudara jama'ah lainnya, nampak raut muka berbinar penuh dengan keceriaan dan kebahagiaan. 

Ya, sholat subuh hari Jum'at tanggal 10 Dzulhijjah 1441 H benar - benar menakjubkan ! Kami memahami Idul Qurban ini dengan gelegar jiwa yang memenuhi dada, seakan dalil - dalil keutamaan qurban yang disampaikan oleh Om Muballigh di malam sebelumnya terngiang di telinga. Dan pastinya ini adalah wujud kesyukuran kami atas nikmat yang telah diberikan Alloh SWT.

وَٱلْبُدْنَ جَعَلْنَـٰهَا لَكُم مِّن شَعَـٰٓئِرِ ٱللَّهِ لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌۭ ۖ فَٱذْكُرُوا۟ ٱسْمَ ٱللَّهِ عَلَيْهَا صَوَآفَّ ۖ فَإِذَا وَجَبَتْ جُنُوبُهَا فَكُلُوا۟ مِنْهَا وَأَطْعِمُوا۟ ٱلْقَانِعَ وَٱلْمُعْتَرَّ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرْنَـٰهَا لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ 
Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi'ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan untua-unta itu kepada kamu agar kalian bersyukur. [Surat Al-Hajj (22) ayat 36]
لَن يَنَالَ ٱللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَآؤُهَا وَلَـٰكِن يَنَالُهُ ٱلتَّقْوَىٰ مِنكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُحْسِنِينَ 
Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kalian mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik. [Surat Al-Hajj (22) ayat 37]
Dengan sigap dan tanpa meninggalkan ketenangan, para jama'ah bergegas merapat ke barisan shalat setelah mendengar  iqomat muadzin. Istawuu walaa takhtalifuu ! , lalu imam memberikan peringatan kepada jama'ah untuk meluruskan shaf shalat.

Selesai salam, Imam Shalat berbalik menghadap makmum, dan memimpin takbiran bakda shalat subuh pagi itu bersama kami para makmum.

 [عن جابر بن عبدالله:] كان رسولُ اللهِ ﷺ يُكبِّرُ في صلاةِ الفجرِ يومَ عرفةَ ، إلى صلاةِ العصرِ من آخِرِ أيّامِ التَّشريقِ ، حين يُسلِّمُ من المكتوباتِ * رواه الدارقطني 
 Dari Jabir bin Abdillah bahwa Rosul SAW membaca takbir (Takbiran) di dalam sholat Subuh paginya hari Arofah (tgl 9 Dzulhijjah) sampai sholat Asar akhirnya hari tasyriq (tgl 13 Dzulhijjah) yaitu ketika Nabi salam dari sholat-sholat wajib.
    
KESIBUKAN PANITIA QURBAN
Sebulan lalu panitia qurban telah dibentuk, rencana dan agenda terkait pelaksanaan qurban 1441 H telah tercatat serta disusun sedemikian rupa agar pada hari H berharap Alloh memberikan keamanan, kelancaran, keselamatan dan kebarokahan. Menetapi petunjuk RENCANA KERJA KONTROL.




Dasuki, SPd yang 'kedapuk' menjadi ketua panitia, woro woro kepada segenap panitia untuk berkumpul di halaman masjid selepas shalat subuh.  " Mohon amal sholih, pagi ini kita bersama - sama mempersiapkan tempat sholat Ied untuk para jama'ah " ucap beliau.  " Amal Sholih " frasa yang lazim dipergunakan warga LDII sebagai mendahului sebelum menyampaikan permintaan / mohon pertolongan. Kemudian diakhiri dengan kalimat syukur " Alhamdulillah jaza kumullohu khoiro ! "  

Hampir seluruh halaman masjid telah dihampari terpal dan alat shalat. Sound system dicek suara agar aman terkendali. 
Sebagian panitia lain menyiapkan galon air dan sabun ditempat masuk lokasi sholat ied sebagai memenuhi kelengkapan protokol kesehatan.

PELAKSANAAN SHOLAT IED ADHA
Sholat Ied LDII Sampit dihadiri oleh warga dari 2 (dua) warga Pimpinan Cabang LDII  yang terjangkau, PC LDII Baamang dan PC LDII Ketapan.  Disepakati dilaksanakan hari Jum'at tanggal 31 Juli 2020 dimulai jam 06.30 WIB. 
Kurang lima menit sebelum sholat dimulai, H Ikhwan Al Mughoffar yang mendapat tugas amal sholih 'ngimami' sholat dan khotib berdiri memberi sekedar wejangan mengingatkan adab pelaksanaan sholat ied. 

" Meski telah berulangkali kita warga jama'ah LDII mengerjakan sholat Ied, namun tidak ada salahnya mengingatkan kembali perihal adab sholat ied. Berbeda dengan umumnya sholat, untuk sholat ied yang dikerjakan dua raka'at dilaksanakan dengan 7 (tujuh) takbir di rakaat pertama dan 5 (lima) tkbir di rakaat kedua ! " demikian H Ikhwan mengingatkan kepada para jamaah. 

Alhamdullah dua rakaat sholat ied dan khutbah berjalan dengan lancar dan barokah. Kegiatan dilanjutkan dengan 'ular - ular'  berupa nasihat agama seputar ibadah dan hikmah qurban. Serta mengingatkan agar para jamaah mengambil manfaat berqurban dengan berbagi ke sesama di situasi pandemi covid-19.

PENYEMBELIHAN DAN PEMBAGIAN DAGING QURBAN
20 (dua puluh) ekor sapi dan 10 ekor kambing berhasil disembelih di dua PC LDII  ( Baamang dan Ketapang ). Antusias warga LDII untuk turut serta andil dalam ber qurban tetap tinggi meski dalam situasi pendemi covid-19.



Lebih dari 2000 bungkus daging qurban dibagikan kepada warga masyarakat sekitar dan warga LDII. Berkah Qurban 2020 ini semoga bermanfaat bagi seluruh umat. Dan semoga menjadi tabungan pahala yang mulia di sisi Alloh SWT.


Semoga Alloh paring manfaat dan barokah.

Dokumentasi berupa video kegiatan qurban LDII Sampit dapat disaksikan di link yotube https://youtu.be/x7CSRr0lkco