LDII Kunjungi Ketua MUI DIY Sampaikan Hasil Rapimnas LDII 2020
Pengurus harian Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) DIY mengunjungi Ketua MUI DIY, KH. Drs. Thoha Abdurrahman di kediamannya Jl. Babarsari Depok Sleman, 29/8. Selain membesuk, Ketua LDII DIY, Dr. H. Wahyudi, MS. menyampaikan pula pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) LDII yang dibuka secara resmi oleh Menteri Agama RI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi pada Rabu-Kamis/19-20 Agustus 2020. Mengawali silaturahmi, KH. Thoha bercerita selama 4-5 bulan terakhir belum dapat mengunjungi kantor MUI DIY karena kondisi kesehatan yang belum memungkinkan. Bahkan, saat awal opname di RS Sarjito dikira menderita COVID-19. Namun pasca pemeriksanaan detil, KH Thoha dinyatakan negatif.
Wahyudi bersama pengurus harian yang hadir turut mendo’akan agar KH. Thoha senantiasa sehat. Dukungan penuh juga disampaikan LDII DIY untuk terus mewujudkan kontribusi berkelanjutan guna pembentukan generasi penerus yang profesional dan religius, cinta tanah air serta peduli alam lingkungan. “Pengurus LDII di DIY pada semua tingkatan senantiasa diarahkan untuk mendorong generasi mudanya agar dapat mencapai tri sukses, yaitu alim dan faqih dalam ilmu agama, akhlaqul karimah, dan mandiri. Pada generasi muda ditanamkan rasa cinta tanah air, menjaga dan melestarikan lingkungan, meningkatkan kemandirian pangan melalui cinta bercocok tanam, suka belajar dan bekerja, jujur dan amanah, serta menjauhi maksiat,” ujar Wahyudi.
Dalam sambutan Rapimnas LDII, Menag Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi mengajak agar kemajemukan senantiasa dijaga sehingga tidak menimbulkan disintegrasi bangsa. Toleransi berarti menghormati dan belajar dari orang lain, menghormati kesenjangan budaya, sehingga tercapai kesamaan sifat. Toleransi dapat dijaga dengan tiga syarat. Pertama, merasa senasib sepenanggungan. Kedua, mempunyai rasa kebangsaan atau nasionalisme. Ketiga, menghargai hak setiap warga negara.
Menag memperkuat pula pentingnya moderasi beragama. Moderasi beragama menitikberatkan cara berhubungan dengan yang berbeda agama atau agama yang sama namun memiliki pandangan berbeda. “Kebijakan moderasi beragama yang salah satu visi utamanya adalah mewujudkan Islam sebagai rahmatal lil’alamin, penebar kedamaian bagi semester alam,” jelasnya.
Rapimnas LDII 2020 secara aklamasi memilih Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc. sebagai Penjabat (Pj.) Ketum Umum DPP LDII hingga Desember 2021. Pj. Ketua Umum DPP LDII diperlukan segera untuk melanjutkan kegiatan organisasi seperti mengesahkan pergantian pengurus DPW LDII dan menyelenggarakan Munas LDII 2021. Rapimnas LDII diselenggarakan secara daring (dalam jaringan/online/virtual) dengan studio utama di Kantor DPP LDII Jalan Tentara Pelajar No 28, Jakarta Selatan. Adapun untuk DIY, Rapimnas LDII diikuti oleh 6 studio.

Pers Release DPW LDII Yogyakarta