Pernah dengar kisah seorang wanita bernama Violet Jessop ? Dia terselamatkan berkali - kali dari musibah kehancuran Kapal. Termasuk musibah tenggelamnya TITANIC yang heboh itu.
Atau MARTUNIS ? seorang bocah yang terombang - ombang di lautan selama hampir 21 hari akibat terjangan Tsunami di Aceh tahun 2004 lalu ? Dia, selamat ! Dan Hidup hingga saat ini.

Meski MATI pasti akan datang, namun tak seorangpun tahu kapan tepatnya ia akan MATI, hari apa, jam berapa, tempatnya dimana, sebab apa. Hanya Alloh yang tahu, itu adalah rahasia ilahi. Ibarat buah kelapa di atas pucuk pohon, bila sepanjang waktu sejak dari bunga hingga menjadi kelapa muda dan terus bertahan di tangkainya, suatu saat ia akan mulai mengeriput, kering, dan akhirnya jatuh.

مُثِّلَ ابْنُ آدَمَ وَإِلَى جَنْبِهِ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ مَنِيَّةً إِنْ أَخْطَأَتْهُ الْمَنَايَا وَقَعَ فِي الْهَرَمِ "Anak cucu adam dibentuk dan disampingnya ada sembilanpuluh sembilan kematian, bila kematian-kematian luput darinya, pada akhirnya ia jatuh pada masa tua juga." HR Tirnidzi
Atau bahkan seseorang yang 'enggan mati' pun, tetap juga akan MATI. Apakah ada ?

Simak berikut :

Dari Abu Hurairah radliallohu 'anhu berkata:
"Suatu hari malaikat maut diutus kepada Musa 'Alaihissalam. Ketika menemuinya, (Nabi Mua 'Alaihissalam) memukul matanya. Maka malaikat maut kembali kepada Rabbnya dan berkata: "Engkau mengutusku kepada hamba yang tidak menginginkan mati".

Maka Alloh berfirman: "Kembalilah dan katakan kepadanya agar dia meletakkan tangannya di atas punggung seekor lembu jantan. Setiap bulu lembu yang ditutupi oleh tangannya berarti umurnya satu tahun baginya".

Nabi Musa 'Alaihissalam bertanya: "Wahai Rabb, setelah itu apa?.

Alloh berfirman:: "Kematian".

Maka Nabi Musa 'Alaihissalam berkata: "Sekaranglah waktunya".

Kemudian Nabi Musa 'Alaihissalam memohon Alloh agar mendekatkannya dengan tanah yang suci (Al Muqaddas) dalam jarak sejauh lemparan batu".

Abu Hurairah radliallohu 'anhu berkata; Kemudian Rasululloh shallallohu 'alaihi wasallam bersabda: "Seandainya aku kesana, pasti akan aku tunjukkan kepada kalian keberadaan quburnya yang ada di pinggir jalan dibawah tumpukan pasir merah". HR Bukhari

Lalu bagaimana dengan kita ?


وَمَا تَفْعَلُوا۟ مِنْ خَيْرٍۢ يَعْلَمْهُ ٱللَّهُ ۗ وَتَزَوَّدُوا۟ فَإِنَّ خَيْرَ ٱلزَّادِ ٱلتَّقْوَىٰ ۚ وَٱتَّقُونِ يَـٰٓأُو۟لِى ٱلْأَلْبَـٰبِ Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal. [Surat Al-Baqarah (2) ayat 197]

Tak peduli siapa dan status sosial kita, kewajiban seorang hamba kepada Robb adalah BERIBADAH, mengikuti petunjuk, mengerjakan perintah dan menjauhi larangan. Iman, taqwa dan amal baiklah, yang akan setia menjadi teman hingga mati sekalipun.
يٰٓاَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَىِٕنَّةُۙWahai jiwa yang tenang!ارْجِعِيْٓ اِلٰى رَبِّكِ رَاضِيَةً مَّرْضِيَّةً ۚKembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridho dan diridhoi-Nyaفَادْخُلِيْ فِيْ عِبٰدِيْۙMaka masuklah ke dalam golongan hamba-hamba-Ku,وَادْخُلِيْ جَنَّتِيْࣖdan masuklah ke dalam surga-Ku.
QS Al Fajr 27 - 30

Semoga Alloh selalu memberi keamanan, keselamatan, kelancaran, kebarokahan, Hidup tetap dalam keimanan dan ketaqwaan, mati sewaktu - sewaktu husnul khotimah, selamat dari siksa neraka dan dimasukkan ke dalam surga.