BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Dalam membina warganya (jemaah), Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Tanahlaut (Tala), fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang profesional religius.

Profesional artinya dapat bekerja dan berkarya sebaik-baiknya sesuai keahlian atau profesi yang digeluti. Sedangkan religius artinya dapat mengamalkan ilmu agama dalam kehidupan sehari-hari.

Guna mewujudkan SDM yang profesional religius tersebut, lembaga dakwah Islam ini melakukan pembinaan dan peramutan secara intens. Sasarannya mulai usia dini hingga yang telah lansia (lanjut usia) sekali pun.

Pembinaan dan peramutan dibagi menjadi beberapa kelompok usia yaitu: usia PAUD hingga TK ada pembinaannya, usia SD-SMP, usia SMA sampai belum menikah, usia orangtua, dan lansia.
Tiap kelompok usia ada pengajiannya masing-masing dan ada kurikulumnya juga. Jadi, ilmu agama yang diberikan bisa bertahap sesuai kemampuan dalam menerima ilmu yang diajarkan. Selain itu juga agar materi yang diberikan semakin bertambah seiiring dengan bertambahnya usia.

Selain ilmu agama yang bersumber dari Alquran dan hadis, juga diajarkan tentang berbagai keterampilan bagi usia remaja hingga usia muda. DPD LDII Tala punya bidang kepemudaan dan olahraga serta bidang keputrian.

Bidang-bidang inilah yang menangani tentang kemandirian generasi muda. Contohnya beberapa waktu lalu diadakan pelatihan keterampilan service kulkas dan kelistrikan bagi kaum pemudanya.

Sedangkan bagi pemudinya diadakan pelatihan memasak dan mengurus rumah tangga. Tahun-tahun sebelumnya juga diadakan pelatihan mengemudi bagi para pemuda, dan penyuluhan tentang kesehatan kewanitaan bagi pemudinya.

Generasi mudanya juga dibekali wawasan kebangsaan dan bela negera. Pada pengujung 2019 lalu, LDII Tala mendatangkan Dandim 1009 Pelaihari Letkol (Inf) Adi Yoga Susetyo untuk mengupas materi wawasan kebangsaan sekaligus memotivasi. Acara itu diikuti 300 muda-mudi.

Pernah juga mengundang dari pihak Polres Tala untuk memberi pembekalan tentang bijak bermedia sosial. Sementara untuk menjaga diri dari bahaya narkoba, pengurus lembaga dakwah Islam tersebut telah menjalin MoU dengan BNN Tala.
Melalui pembinaan yang intensif dan terus menerus, generasi muda LDII diharapkan menjadi generasi penerus yang profesional religius.

"Bisa menjadi warga negara yang baik, cinta NKRI, serta dapat menghasilkan karya yang bermanfaat bagi banyak orang,” ucap Anton Kuswoyo, ketua DPD LDII Tala, Selasa (23/6/2020). (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Tempat Jemaah LDII Tanahlaut Jadi Insan Religius dan Profesional, Ini yang Dilakukan, https://banjarmasin.tribunnews.com/2020/06/23/tempat-jemaah-ldii-tanahlaut-jadi-insan-religius-dan-profesional-ini-yang-dilakukan.
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo