Melalui Media DARING 400 Remaja LDII Bali Mengikuti Kegiatan Cinta Alam Indonesia


Denpasar, suaradewata.com – Agenda perkemahan akhir tahun ajaran Cinta Alam Indonesia (Permata CAI) LDII Bali tahun 2020 resmi dibuka Wakil Gubernur Bali, Prof. Dr. Ir. Tjok Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si, Jumat (24/7/2020) pagi.
Pembukaan dilakukan secara daring atau online di ruang rapat kantor Wagub Bali di Renon, Denpasar. Hadir dalam pembukaan Ketua DPW LDII Bali, Drs. H. Olih Solihat Karso, M.Sn., wakil ketua H. Agus Purmadi, S.H., dan biro TIAT, Ichwan Hadi, S.Kom.
Wagub Bali menyambut gembira terselenggaranya kegiatan Permata CAI LDII Bali. Menurut pejabat yang akrab dipanggil Cok Ace ini, Permata CAI memiliki makna penting sebagai ajang pembentukan dan pembinaan generasi muda menghadapi tantangan kemajuan zaman.
“Saya berharap adik-adik generus LDII Bali memperoleh pengalaman yang diperlukan, sehingga dapat terbentuk pribadi yang kuat, pantang menyerah, memiliki etos kerja, dan inovatif demi memajukan bangsa dan negara,” ujar Cok Ace.
Mantan Bupati Gianyar itu meminta seluruh peserta Permata CAI LDII Bali bisa fokus mengikuti paparan pemateri. Sebab, di masa depan generus LDII Bali akan dihadapkan pada tantangan yang semakin rumit dampak dari pandemi Covid-19.
Untuk menjawab tantangan itu, Bali dan Indonesia butuh generus yang berkarakter, berkpribadian tangguh, dan bertakwa kepada Tuhan YME. Terlebih, Pemprov Bali di bawah pimpinan Gubernur Wayan Koster dan Wagub Cok Ace berkomitmen penuh mendukung pembangunan yang adil dan merata.
Hal itu dituangkan dalam visi Sat Kerthi Loka Bali menuju Bali Era Baru. Pembangunan di Bali mencakup tiga aspek, yaitu alam, krama (manusia), dan kebudayaan. Karena itu, pembangunan generasi muda juga menjadi fokus pemerintah demi terwujudnya sumber daya manusia Bali yang unggul.
“Saya ucapkan selamat kepada LDII Bali yang berhasil menggelar Permata CAI di tengah pandemi Covid-19. Semoga generus LDII Bali menjadi pribadi yang matang secara kognitif, santun, dan terbuka bagi kemajuan,” tukas pejabat yang juga dosen itu.
Di akhir acara, Cok Ace terlihat kagum melihat antusias generus LDII Bali yang mengikuti kegiatan secara daring. Berkali-kali Cok Ace mengacungkan jempol dan tepuk tangan saat menyapa para peserta yang ada di Kabupaten/Kota se-Bali. "Luar biasa," katanya.
Sementara itu, Ketua DPW LDII Bali, Drs. H. Olih Solihat Karso, M.Sn dalam laporan pembukaan Permata CAI menjelaskan, pelaksanaan Permata CAI ke-41 ini berbeda dengan edisi sebelumnya yang biasa dilakukan di alam terbuka di Bedugul, Tabanan.
Meski digelar secara daring, Olih memastikan peserta Permata CAI Bali tetap antusias. Di hadapan Wagub Bali Prof. Dr. Ir. Tjok Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si, Olih menyebut kegiatan ini merupakan upaya nyata DPW LDII Bali dalam membina dan membentuk generus yang profesional dan religius.
Profesional memiliki arti cakap di bidang masing-masing, baik soft skills maupun hards skills. Sementara religius memiliki makna beriman dan bertakwa pada Tuhan. “Mengutip ucapan Albert Einstein, bahwa ilmu tanpa agama adalah lumpuh. Dan, agama tanpa ilmu adalah buta,” kata dosen senior di ISI Denpasar itu.
Total ada 30 studio atau tempat se-Bali mengikuti Permata CAI Bali daring ini. Sedangkan jumlah peserta ada 400 generasi muda LDII Bali. “Ini merupakan bukti sahih, bahwa antara agama dengan ilmu pengetahuan dapat berjalan seiring dan selaras,” tutur Olih.
Olih mengucapkan terima kasih kepada Wagub Bali yang sudah berkenan membuka Permata CAI. Hal ini sangat istimewa. Olih juga menyampaikan penghargaan kepada Gubernur Bali yang telah bersedia memberi bantuan konsumsi pada peserta Permata CAI.
Diakhir sambutan, Olih kembali mengingatkan peserta agar mematuhi protokol kesehatan.rls/utm

إرسال تعليق

أحدث أقدم