يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa, [Surat Al-Baqarah (2) ayat 183]

Marhabban Ya Ramadhan,


Telah tiba masa dimana umat muslim di manapun berada di penjuru dunia ini melaksanakan kewajiban rukun Islam ke - 3, Puasa di bulan Ramadhan. Berpuasa bagi mereka yang mampu, artinya telah cukup umur (baligh) dan tidak ada halangan (rukhsoh) untuk meninggalkannya. Menahan lapar dan dahaga sejak terbit hingga terbenam matahari. Berpuasa selama satu bulan penuh. Dengan niat taat atas perintah Alloh serta untuk mencari ridho dan pembalasan berupa ni'matul jannah.

Berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya, Ramadhan 1441 bertepatan dengan situasi dan kondisi dimana dihampir semua negara sedang diterpa pandemik covid-19, yang bermula dari Wuhan di akhir tahun 2019 hingga saat ini. Musibah dan bencana yang dampaknya cukup berat dirasakan oleh umat manusia di dunia ini, tidak terkecuali umat muslim !

Keyakinan kita sebagai orang iman terhadap cobaan tersebut adalah tetap sabar, berdoa dan ikhtiar hingga Alloh Ta'ala mengangkatnya. Berharap semoga saudara - saudara yang ditimpa covid-19 segera diberikan kesembuhan.

سَيَجْعَلُ ٱللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍۢ يُسْرًۭا 
Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.
[Surat At-Talaq (65) ayat 7]

5 Sukses Ramadhan 


Bulan Ramadhan adalah bulan 'maghfiroh' (pengampunan) yang diberikan kepada hamba - hamba Nya. Bulan dimana semua pintu surga dibuka dan semua pintu neraka ditutup. Bulan dimana perbuatan baik dilipatgandakan dengan pahala yang tidak seperti dilipatgandakan di selain bulan Ramadhan.

Maka bergembiralah wahai para pencari kebaikan ! Ramadhan telah  tiba ! Marilah berlomba - lomba dalam beramal sholih dan mencari ridho Alloh Ta'ala.

Dan wahai orang - orang yang senantiasa berbuat kemaksiatan, berhentilah ! Sebab perbuatan maksiatmu di bulan Ramadhan ini akan dilipatgandakan dengan dosa yang berlipat - lipat.

Sukses Ramadhan BERPUASA, SHALAT TARAWIH, TADARUS AL QURAN, LAILATUL QODAR, ZAKAT FITRAH harus tetap berlanjut. Pandemik covid-19 ? Bukan menjadi penghalang bagi warga LDII dimanapun berada untuk mengerjakannya. Tidak harus di Masjid, dirumah bersama keluargapun bisa mewujudkannya !

Semoga Alloh selalu memberikan ridho dan pertolongan kepada kita !