JAKARTA (Pos Kota) – Kaum perempuan, khususnya Ibu, berperan penting dalam menggali dan mengembangkan sistem keluarga ideal.  Dalam kaitan ini, kriteria masuk mejadi keluarga ideal mempunyai tiga landasan, yaitu pemahaman arti keluarga, norma dan nilai keluarga, dan fungsi keluarga.

Hal itu terungkap dalam seminar ‘Parenting Skills’ yang digelar divisi Pemberdayaan Perempuam dan Kesejahteraan Keluarga (PPKK) DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Depok, di Masjid Baitul Faqih, Kota Depok, Senin (1/5) pagi. Seminar ini diikuti kaum Ibu di Depok.

“”Dalam suatu hubungan keluarga perlu menjaga komunikasi dua arah. Selain itu meluangkan waktu ke anak dengan menumbuhkan rasa kasih sayang, perhatian, tulus, terbuka penghargaan, dan peduli kepada antar anggota keluarga,” ujar Ketua PPKK LDII Kota Depok, dalam seminar tersebut.

Diungkapkannya, dalam kegiatan ini juga diikuti oleh konsultan sekaligus trainer Bidang PPMM yaitu Dra. HJ. Nana Maznah dan  IR. HJ. Sri Tresahagi Azhar, ikut juga menerapkan tata cara penerapan menjalin keluarga ideal.

“Pada dasarnya anak-anak adalah amanah dan generasi penerus bangsa di masa yang akan datang. Bersamaan dengan itu masa sekarang ini persaingan dalam hal kualitas profesi dan karakter juga semakin ketat,” tambahnya.

Sesi kedua seminar ini, lanjutnya, berbicara tentang kegiatan potensi Ibu dalam keberfungsian keluarga digali secara mendalam dengan kiat-kiat  penanaman nilai dalam keluarga dengan narasumber Direktur Utama Kontraktor Landscape Ir. Hj. Sri Tresnahati Ashar, M.Si.

Para audiens diberikan gambaran bagaimana peranan dan fungsi perempuan saat ini khususnya Ibu sebagai orangtua kepada anak. Melalui teknik pengaliran dan pencelupan, nilai-nilai tabiat luhur warga LDII antara lain, jujur, amanah, mujhid muzhid (hemat), rukun, kompak, dan kerja sama yang baik dapat terinternalisasi dengan efektif.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD LDII Kota Depok yang juga pengusaha Imam Turidi menyatakan, kegiatan yang diikuti oleh semua istri pengurus DPD PC dan PAC seluruh Depok ini dikatakan sangat berhasil karena melampaui target kehadirannya.

“Sangat bersyukur dan merasa bangga semoga materi yang sangat bagus ini bisa kita praktekkan dan ditularkan kepada  keluarga serta masyarakat secara umum,” tambahnya. (Angga/win)