PROKAL.COTANJUNG REDEB – Untuk meningkatkan peran pemuda dalam membangun moral bangsa. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Berau, menggagas kegiatan camping Cinta Alam Indonesia (CAI) yang dilaksanakan di area Perkemahan Labanan Jaya, Kecamatan Teluk Bayur.
Kegiatan yang diikuti sekitar 265 peserta ini, digelar selama tiga hari, yaitu Jumat (21/7) hingga Minggu (23/7) kemarin. Para peserta merupakan pemuda-pemudi dari majelis taklim yang tersebar dari beberapa kecamatan di Kabupaten Berau.
Dalam acara penutupan camping CAI kali ini, yang digelar pada Minggu (23/7) kemarin, tampak hadir Camat Teluk Bayur Nazaruddin, anggota DPRD Berau Suharno dan Eko Wiyono, Kapolsek Teluk Bayur AKP Suradi, Perwakilan Kodim 0902/TRD, Ketua Senkom Mitra Polri Berau Zulfyan dan Ketua DPD LDII Berau Anton Sujarwo serta tokoh-tokoh masyarakat Kampung Labanan.
Dikatakan Ketua DPD LDII Berau Anton Sujarwo, kegiatan camping tahun ini memiliki tema ‘Meningkatkan Peran Pemuda dalam Membangun Moral Bangsa melalui Pemberdayaan SDM Profesional Religius menuju Indonesia yang Sejahtera’. Dalam rangkaian kegiatannya, Ia menjelaskan para peserta diberikan materi-materi terkait keagamaan dan hal-hal tentang berkebangsaan, sekaligus kegiatan outbound.  
“Ini merupakan kegiatan tahunan LDII Berau yang dimana bertujuan untuk membina para generasi-generasi muda kita, supaya kedepannya mampu menghadapi zaman yang semakin hari semakin maju. Kemudian ini juga pertama kalinya diadakan di alam bebas, karena kalau tahun sebelum-sebelumnya selalu diadakan di masjid-masjid,” katanya kepada Berau Post, Minggu (23/7).
Anton juga menerangkan, tahun ini antusias peserta yang mengikuti kegiatan tahunan di areal Perkemahan Labanan Jaya yang memiliki luas 2 hektare ini sangatlah tinggi. Hal ini diterangkannya terlihat dari jumlah peserta yang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.
Selain itu, materi yang disampaikan oleh pihaknya juga bersumber dari Alquran dan hadis. “Dengan adanya kegiatan ini, kami sangat berharap mampu membina generasi muda kita dengan ilmu spritual keagamaan, bersosial kemasyarakatan, mendukung program pemerintah dan menjaga lingkungan sekitar,” ucapnya.
Sementara itu, Camat Teluk Bayur Nazaruddin mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas LDDI Berau ini. Apalagi camping tersebut menyangkut pembinaan remaja-remaja Berau agar mampu mengarungi masa depan.
“Atas nama pemerintah saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, karena melalui segala kegiatan inilah, sedikit banyaknya akan memupuk dan membentuk karakter generasi masa depan kita agar menjadi lebih baik,” ujarnya.
“Kemudian saya juga berharap agar LDII Berau bisa menjadi pelopor berkehidupan berbangsa dan bernegara serta membentuk sosial kemasyarakatan yang tidak anti pancasila,” tambahnya.
Hal serupa juga turut disampaikan anggota DPRD Berau Eko Wiyono yang merasa kegiatan LDII Berau ini, sungguh luar biasa dengan materi penanaman NKRI dan cinta alamnya. Ia pun berharap agar lembaga-lembaga lainnya di Kabupaten Berau mau mengikuti jejak LDII Berau dan menggelar kegiatan serupa. “Saya dari komisi I DPRD Berau sangat mendukung full kegiatan ini, karena lewat kegiatan inilah anak-anak kita dibentengi agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif seperti memakai narkoba. Semoga saja kegiatan ini terus berkelanjutan,” tuturnya.
Lebih lanjut, Kapolsek Teluk Bayur AKP Suradi juga mengapresiasi dan mengganggap camping CAI tahun 2017 ini merupakan hal yang bagus. Andi pun berharap kegiatan ini juga bisa terus berlanjut kedepannya. “Materinya bukan hanya tentang menjaga alam saja, namun ada juga materi tentang menjaga keutuhan NKRI. Makanya saya ingin kegiatan ini terus berlanjut, supaya bisa memberikan hal positif terhadap para remaja dan masyarakat pada umumnya,” singkatnya. (*/arp/sos/app)