Jembatan Jamarat di Mina



Jembatan penyeberangan Jamarat di Mina, dekat Mekah, bukan hanya sebuah tempat penting keagamaan, tetapi juga memainkan peranan penting dalam memfasilitasi pergerakan jutaan peziarah ketika mereka memenuhi ritual penting haji. Jamarat Bridge yang dibangun terdiri dari tiga pilar.  Ketiga pilar utama ini menandai tempat di mana menurut tradisi Islam Nabi Ibrahim dihadapkan dengan setan dan ia melemparkan batu ke arahnya untuk menolak godaan-nya.
Mengikuti langkah-langkah kaki Nabi Ibrahim , Peziarah diminta untuk juga melempar batu di tiga tempat ini untuk mengingatkan diri dari godaan setan dalam kehidupan sehari-hari.
Pengelolaan logistik jutaan orang di lokasi ini selalu menjadi tantangan bagi otoritas haji.Pada tahun 2006 dalam salah satu tragedi terburuk di Jamarat, 364 orang tewas dalam sebuah injak di pintu masuk Jembatan. Untuk mengatasi kemacetan di lokasi ini, pemerintah Saudi meluncurkan proyek $ 1.2 milyar untuk merubah jembatan.
Kelima dan tahap akhir proyek telah selesai. Fase ini mencakup lantai kelima jembatan yang siap untuk pemanfaatan oleh para peziarah selama 2009 tahun Haji.
Itu memiliki 10 pintu masuk dan 12 pintu keluar lebih dari empat tingkat untuk memungkinkan aliran 300.000 peziarah per jam. Hal ini juga dilengkapi dengan teknologi pengawasan untuk membantu pihak berwenang campur tangan dalam kasus stampedes apapun. Untuk meningkatkan keselamatan, peziarah tidak akan diizinkan untuk membawa tas besar selama ritual.
 
Multi-proyek tingkat diinstal dengan air penyiram dan AC yang dapat mengurangi suhu sekitar 29 o C atau 84 o F.  Atap lantai lima ditutupi dengan tenda-tenda khusus selama musim haji.
Penyelesaian proyek Jamarat memungkinkan untuk melemparkan batu kerikil dari tingkat lima jembatan.  Pertama dan lantai kedua dialokasikan bagi para peziarah yang datang dari timur Mina; lantai tiga diperuntukkan bagi mereka yang datang dari Makkah, Al-ADL dan Al-Sheshah dan lantai keempat adalah untuk peziarah datang dari utara dan juga dari Al -Muaisem, timur dan barat "Shebs". Kelima dan lantai atas adalah untuk mereka yang berasal dari kamp-kamp Al Azizeyah dan terletak di sebelah selatan Mina.
Jembatan adalah 950 meter (lebih dari 3.000 kaki) panjang dan lebar 80 meter. Terdiri dari lima lantai yang masing-masing adalah 12 meter tinggi.Seluruh proyek ini dirancang untuk mengembangkan hingga 12 cerita di masa depan ketika diperlukan.

Proyek ini akan membantu untuk mengatur dan mengalokasikan tempat yang tepat untuk layanan, seperti toko makanan, toko tukang cukur, dan toilet, dan daerah untuk medis dan pelayanan darurat, pasukan pertahanan sipil dan keamanan publik.
Jembatan yang Jamarat juga mencakup kereta bawah tanah untuk lalu lintas kendaraan di bawah tanah untuk menyediakan lebih banyak ruang untuk pejalan kaki di daerah jembatan di samping enam keluar untuk evakuasi darurat melalui enam menara darurat menuju lantai dasar dan terowongan serta ke helipads.
Desain oval cekungan kerikil dan tiga 40-meter-pilar tinggi akan meningkatkan arus peziarah dan meningkatkan kapasitas jembatan, yang akan membantu mengurangi kemacetan saat peziarah yang melakukan ritual rajam.
Jutaan jamaah haji akan melempar tujuh kerikil selama tiga hari di masing-masing dari tiga meter 18-tiang beton yang tinggi di tempat di mana setan menampakkan diri kepada Nabi Ibrahim . .  www.islamicity.com

إرسال تعليق

أحدث أقدم